Sabtu, 18 April 2009

Rakerwil Pimpinan PTS Kopertis IX Sulawesi


Rapat Kerja Wilayah Pimpinan PTS Kopertis Wilayah IX Sulawesi, di Palu, 19-20 April 2009, dapat dipastikan akan menjadi arena pembahasan isu-isu strategis seputar dunia pendidikan, khususnya di wilayah Sulawesi, karena Rakerwil ini dilaksanakan memang untuk menghadapi Rakernas Pimpinan PTN dan Kopertis se-Indonesia, di Padang Sumatera Barat.

-- Ibrahim Saman -- (Sespel Kopertis IX Sulawesi)





--------------

Rakerwil Pimpinan PTS Kopertis Wilayah IX Sulawesi:

Arena Pembahasan Isu-isu Strategis


Rapat Kerja Wilayah Pimpinan PTS Kopertis Wilayah IX Sulawesi, di Palu, 19-20 April 2009, dapat dipastikan akan menjadi arena pembahasan isu-isu strategis seputar dunia pendidikan, khususnya di wilayah Sulawesi.

“Karena Rakerwil ini dilaksanakan memang untuk menghadapi Rakernas Pimpinan PTN dan Kopertis se-Indonesia, di Padang Sumatera Barat, akhir April ini,” jelas Sespel Kopertis IX Sulawesi, Drs H Ibrahim Saman MM, kepada Tabloid “Cerdas”, di Makassar, belum lama ini.

Issu-issu yang kemungkinan akan dibahas dalam Rakernas nanti antara lain kualifikasi nasional pendidikan tinggi, yakni penyetaraan sistem pendidikan tinggi secara umum di Indonesia dengan sistem pendidikan di Eropa, Australia, Amerika dan Asia.

Selain itu, juga menyangkut penyetaraan sistem pendidikan tinggi berbasis vokasi di Indonesia dengan sistem pendidikan tinggi vokasi di negara Eropa, Australia, Amerika dan Asis.

Serta penyetaraan sistem pendidikan tinggi berbasis profesi di Indonesia dengan sistem pendidikan tinggi berbasis profesi di Eropa, Australia, Amerika dan Asia.

“Secara khusus dapat dibahas rencana dalam hal kesetaraan ijazah, kesetaraan SKS (Sistem Kredit Semester), kesetaraan kurikulum dan pembelajaran, kesetaraan sistem penjaminan mutu, dan lain-lain,” tutur Ibrahim.

Issu lain yang akan dibahas dalam Rakernas di Padang, yaitu aliansi dengan perguruan tinggi dalam negeri, aliansi dengan perguruan tinggi luar negeri, Badan Hukum Pendidikan (BHP), serta peningkatan peran Kopertis.

“Menjadi tugas peserta Rakerwil nanti untuk membahas issu-issu strategis pendidikan tinggi, khususnya di wilayah Kopertis IX Sulawesi. Yang diharapkan itu antara lain pembahasan tentang keunggulan lokal, serta produk pendidikan yang mampu meningkatkan devisa negara,” papar Ibrahim.

Dibagi Empat Komisi

Peserta Rakerwil yang berjumlah sekitar 300 orang, akan dibagi empat komisi, terdiri atas:
Komisi A : Kualifikasi dan Aliansi Pendidikan
Komisi B: Pengembangan Pendidikan Berkelanjutan
Komisi C: Peran Kopertis
Komisi D: Badan Hukum Pendidikan

Agenda Rakerwil:

Minggu, 19 April 2009
- Pembukaan oleh Gubernur Sulawesi Tengah
- “Peran BKPRS Terhadap Pengembangan PTS”
(Gubernur Sulawesi Tengah)

Senin, 20 April 2009
- “Kebijakan Pemberdayaan Kopertis”
(Koordinator Kopertis IX Sulawesi)
- “Rencana dan Strategi Pengembangan PT 2009-2014”
(Direktur Akademik Ditjen Dikti)
- “Akreditasi BAN-PT” (Prof Dr Ir Nasir Nessa MS)
- “Pelaksanaan Wasdalbin Tahun 2008”
(Sespel Kopertis IX Sulawesi)
- Rapat Komisi
- Rapat Pleno
- Penutupan. (win)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar