Minggu, 19 April 2009

STIE Ichsan Catat Sejarah di Pohuwato


SEJARAH BARU. Sekda Pohuwato, Drs H Ardin Pakili, mengatakan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ichsan mencatat sejarah baru di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, sebagai perguruan tinggi pertama di Pohuwato yang menelurkan sarjana, apalagi sebagian dari sarjana tersebut adalah pegawai di lingkup Pemkab Pohuwato.

 




--------------
 

STIE Ichsan Catat Sejarah di Pohuwato


Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ichsan mencatat sejarah baru di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Acara wisuda sarjana angkatan pertama STIE Ichsan, di Aula Kantor Bupati Pohuwato, Selasa, 3 Maret 2009, merupakan peristiwa bersejarah bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pohuwato, karena inilah untuk pertama kalinya perguruan tinggi di daerah tersebut menelurkan sarjana, apalagi sebagian dari sarjana tersebut adalah pegawai di lingkup Pemkab Pohuwato.

“Ini adalah peristiwa bersejarah bagi masyarakat dan pemerintah Pohuwato,” ujar Sekda Pohuwato, Drs H Ardin Pakili, saat memberikan sambutan.

Acara wisuda turut dihadiri Koordinator Kopertis IX Sulawesi, Prof Dr HM Basri Wello MA, Sespel Kopertis IX Sulawesi Drs H Ibrahim Saman MM, Ketua Yayasan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Ichsan, Gorontalo, Dra. Jurika Abdussamad, Ketua STIE Ichsan Pohuwato Sulaeman SE MM, para wisudawan dan sejumlah undangan.

Koordinator Kopertis Prof Basri Wello, mengatakan peristiwa wisuda mengandung tiga dimensi, yakni dimensi akademik, dimensi akuntabilitas dan pencitraan, serta dimensi sosial budaya.

Tentang peran Kopertis, dia mengatakan Kopertis kini menangani perpanjangan izin PTS dan program studi. Selain itu, Kopertis juga menangani kenaikan pangkat akademik dosen PTS, mulai pangkat Asisten Ahli hingga Lektor.

“Kopertis telah mendapat limpahan tugas dari Dikti (Direktorat Pendidikan Tinggi Depdiknas) untuk menangani perpanjangan izin PTS dan program studi, serta kenaikan pangkat akademik dosen PTS,” ungkapnya.

Tercatat sebanyak 99 program studi yang dikelola sejumlah PTS kini terancam ditutup, karena pengelolaannya tidak lagi memenuhi standar.

Sehubungan dengan itu, Basri Wello meminta para pengelola PTS agar memperhatikan standar dan syarat-syarat yang berlaku dalam mengelola perguruan tinggi.

Dia juga mengingatkan bahwa rasio dosen dan mahasiswa untuk wilayah Kopertis IX Sulawesi, yaitu satu dosen berbanding 45 mahasiswa untuk jurusan ilmu-ilmu sosial, serta satu dosen berbanding 35 mahasiswa untuk jurusan ilmu-ilmu eksakta.

Acara Lain di Gorontalo

Dalam kunjungannya ke Provinsi Gorontalo, selain menghadiri acara wisuda di STIE Ichsan Pohuwato, Koordinator Kopertis IX Sulawesi beserta rombongan dari Makassar juga berkunjung ke STIM Boalemo sekaligus melakukan wawancara langsung di Radio Pendidikan E-Radio milik STIM Boalemo, serta mengadakan pertemuan dengan pimpinan dan Humas PTS se-Provinsi Gorontalo di Kampus Universitas Ichsan Gorontalo.

Anggota rombongan Koordinator Kopertis, yaitu Sekretaris Pelaksana, Drs H Ibrahim Saman MM, Kabag Akreditasi dan Kelembagaan Muhammad Amir Suddin SH, staf Bagian Akreditasi dan Kelembagaan Drs Andi Lukman, serta Humas Drs Asnawin. (asnawin)

--------------
@copyright Tabloid CERDAS, Makassar, No. 31, Vol IV, April 2009.

1 komentar:

  1. coba dong untuk logo nya baik STIE, UNISAN, STMIK di taruh juga disini .. biar mahasiswa yang ingin mendapatkan logonya ,,, baik untuk penggunaan makalah, tugas kelompok, tugas individu, bahkan sampai pada penyusunan skripsi bisa mendapatkan logo yang benar tentang ICHSAN GROUP

    BalasHapus