Rabu, 16 September 2009

Kopertis IX Akan Terbitkan 5 Jurnal Ilmiah Baru



keterangan gambar: Prof Syahrir Mallongi

Kopertis IX Akan Terbitkan 5 Jurnal Ilmiah Baru

Makassar, (Tabloid Cerdas). Tak mudah menerbitkan dan mengelola 10 jurnal ilmiah sekaligus, karena harus didukung oleh sumber daya manusia yang andal, namun Koperasi Pegawai Negeri (KPN) “Bung” Kopertis Wilayah IX Sulawesi mampu melakukannya.
Ke-10 jurnal ilmiah itu adalah Prospek (Bunga Rampai), Aktualita (Bunga Rampai), Masagena (Ekonomi), Al-Adabi (Sastra), Ibnu Khaldun (Sosial), Bertani (Pertanian), Panrita (Pendidikan), Multek (Teknik), Pinisi (Perikanan), dan Gratia (Hukum).
Merasa tak puas dengan ke-10 jurnal ilmiah tersebut, karena sulit mendapatkan status terakreditasi nasional, KPN ‘’Bung’’ kini berencana menerbitkan 5 jurnal ilmiah baru, meliputi jurnal ilmiah bidang ekonomi, hukum, sosial, teknik, dan kesehatan.
Ke-5 jurnal ilmiah baru tersebut sejak awal penerbitannya akan disesuaikan dengan tuntutan yang dipersyaratkan agar bisa mendapatkan status terakreditasi nasional.
‘’Ini untuk memenuhi tuntutan perkembangan, karena para dosen kini dipersyaratkan melakukan penelitian dan menulis karya ilmiah yang dimuat di jurnal ilmiah terakreditasi nasional,’’ papar Ketua Koperasi ‘’Bung’’ Kopertis IX Sulawesi, Prof Dr H Syahrir Mallongi SE MSi, kepada Tabloid Cerdas di ruang kerjanya, 31 Agustus 2009.
Syarat untuk mendapatkan status terakreditasi nasional sangat berat dan butuh biaya besar, sehingga KPN ‘’Bung’’ akan mempersiapkannya 5 jurnal ilmiah baru secara baik dan benar.
Syarat-syarat tersebut antara lain dalam hal pengelolaan harus ada mitra bestari yakni guru besar yang ada di luar lembaga yang mengelola jurnal ilmiah tersebut. Dalam hal ini, Guru Besar mitra bestari tersebut harus berasal dari luar Kopertis Wilayah IX Sulawesi.
‘’Staf redaksinya juga harus benar-benar profesional, yakni menguasai manajemen dan teknik penulisan ilmiah, serta bekerja penuh waktu,’’ jelas Syahrir yang kelahiran Wolo, Kolaka, 22 April 1960.
Menyinggung keberadaan 10 jurnal ilmiah yang dikelola saat ini, Guru Besar pada Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mengatakan, sebenarnya ke-10 jurnal tersebut sudah cukup memenuhi kebutuhan para dosen, yakni ada jurnal ilmiah umum (bunga rampai) dan ada jurnal ilmiah spesialis.
Namun karena kini dibutuhkan jurnal ilmiah terakreditasi dan ke-10 jurnal ilmiah yang ada sulit mendapatkan status terakreditasi, maka KPN ‘’Bung’’ berencana menerbitkan 5 jurnal baru yang lebih spesifik dan diharapkan kelak bisa terakreditasi.
‘’Jurnal ilmiah yang baru nanti memang sudah didesain secara matang untuk menjadi jurnal ilmiah terakreditasi nasional,’’ kata Syahrir. (win)

10 Jurnal Ilmiah yang dikelola KPN Bung:

1. Prospek (Bunga Rampai)
2. Aktualita (Bunga Rampai)
3. Masagena (Ekonomi)
4. Al-Adabi (Sastra)
5. Ibnu Khaldun (Sosial)
6. Bertani (Pertanian)
7. Panrita (Pendidikan)
8. Multek (Teknik/Teknologi)
9. Pinisi (Perikanan)
10. Gratia (Hukum)

keterangan:
berita ini dimuat pada rubrik Dinamika, Halaman 5, Tabloid CERDAS edisi No. 32, Vol. IV, September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar