Rabu, 16 September 2009

Mengenal UPSDM Kopertis Wilayah IX Sulawesi



Mengenal UPSDM Kopertis Wilayah IX Sulawesi

Kopertis Wilayah IX Sulawesi bertugas melakukan pengawasan, pengenda lian, dan pembinaan terhadap perguruan tinggi swasta (PTS) dalam wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Provinsi Gorontalo.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kopertis IX membentuk beberapa lembaga, antara lain Unit Pengembangan Sumber Daya Manusia yang disingkat UPSDM.

Apa dan bagaimana tugas UPSDM Kopertis IX Sulawesi, serta apa saja yang telah dilakukan, berikut penuturan Ketua UPSDM Kopertis IX Sulawesi, Prof Dr H Guntur Yusuf MS, kepada wartawan Tabloid Cerdas, Asnawin, di Makassar, Ahad, 6 September 2009.

UPSDM adalah Unit Pengembangan yang ditugaskan untuk mengembangkan dan meningkatkan Kompetensi Pedagogik bagi dosen PTS Kopertis Wilayah IX Sulawesi, melalui berbagai Pelatihan dan Workshop, baik yang diselenggarakan oleh Kopertis, maupun yang diselenggarakan oleh PTS atau gabungan beberapa PTS.

Lembaga ini berperan sebagai fasilitator pada setiap Pelatihan dan Workshop dengan melibatkan sejumlah Tutor yang terdiri atas dosen-dosen PTS yang berkualifikasi S3 (Doktor) dan memiliki Sertifikat Penatar yang diperoleh setelah mengikuti TOT yang dise-lenggarakan oleh Ditjen Dikti Depdiknas.

Sejak terbentuknya, UPSDM telah melaksanakan dan atau memfasilitasi 21 angkatan Pelatihan PEKERTI, 16 angkatan Pelatihan AA, 10 angkatan Pelatihan Pengukuran Tes, dan Penilian Hasil Belajar, 2 angkatan Pelatihan Pembelajaran Soft Skills, serta 1 angkatan Workshop Penulisan Bahan Ajar.

Ke depan, UPSDM tetap memprioritaskan Pelatihan dan Workshop (PEKERTI, AA, Pengukuran Tes dan Penilaian Hasil Belajar, Pembelajaran Soft Skills di PT, dan Penulisan Bahan Ajar), sebagai bentuk konsistensi dan komitment awal terbentuknya UPSDM yakni untuk pengembangan dan peningkatan Kompetensi Pedagogik bagi dosen Perguruan Tinggi Swasta.

UPSDM senantiasa meningkatkan kualitas pelaksanaan Pelatihan dan Workshop yang dilaksanakan, baik melalui peningkatan keterampilan dan kemampuan Tutor, maupun melalui pengembangan materi Pelatihan dan Woskshop sesuai perkembangan dunia pen-didikan dari waktu ke waktu.

Saat ini, UPSDM memiliki 9 (sembilan) orang Tutor yang seluruhnya berkualifikasi Doktor (S ), 7 (tujuh) di antaranya telah memiliki Pangkat Akademik Guru Besar (Profesor).

Para tutor tersebut adalah Prof Dr H Guntur Yusuf MS, Prof D Ansar MSi, Prof Dr H Wahyuddin Hamid MSi, Prof Dr Hj Syamsiah Badaruddin MSi, Prof Dr H Kaharuddin MHum, Prof Dr Siardin Andi Jemma MSi, Prof Dr Ir Mir Alam MSi, Dr Mattalatta MSi, dan Dr Syamsir Torang MSi.

Para tutor UPSDM sudah banyak memperoleh informasi dan tanggapan yang positif, baik secara perorangan maupun institusi, tentang besarnya manfaat yang diperoleh dari Pelatihan dan Workshop yang telah diikuti, baik dalam peningkatan kemampuan individu dalam melaksanakan tugas sebagai dosen, maupun peningkatan kualitas pembelajaran di institusi tempat mereka bekerja.

UPSDM juga telah mendapat informasi dari beberapa dosen yang telah mengikuti Sertifikasi, bahwa hasil Pelatihan PEKERTI dan AA sangat membantu dalam menyusun Des-kripsi Diri, sebagai salah satu bagian penting dalam pengisian Forto Folio Sertifikasi dosen.

Beberapa PTS telah menghubungi UPSDM yang menyatakan keinginan mereka untuk melaksanakan Pelatihan, baik PEKERTI dan AA, maupun Pembelajaran Soft Skills dalam waktu dekat.

Untuk itu, UPSDM saat ini sudah mulai mempersiapkan Jadwal Pelatihan bagi PTS yang sudah menentukan waktu pelaksanaan yang diinginkan.

Kepada para dosen PTS, UPSDM meng-himbau agar mereka berupaya mengikuti Pelatihan dan Workshop tersebut, mengingat manfaatnya sangat signifikan bagi peningkatan kompetensi pedagogik yang semakin ke depan semakin dibutuhkan.

UPSDM senantiasa membuka kesem-patan kepada PTS atau Gabungan PTS yang akan menyelenggarakan Pelatihan PEKERTI, AA, Pengukuran Tes dan Penilaian Hasil Be-lajar, Pembelajaran Soft Skills, dan Penulisan Bahan Ajar, untuk mendaftarkan diri pada :

SEKRETARIAT UPSDM
KANTOR KOPERTIS WIL.IX SULAWESI
Jl. Bung Km.9 Tamalanrea Makassar
Tlp. (0411) 586201 – 586202,
Fax. (0411) 568241

atau

Kontak Person :
Prof Dr H Guntur Yusuf MS
Hp. 081-2412-0152
Prof Dr Ansar MSi
Hp. 0813-4240-3573

keterangan:
berita ini dimuat pada rubrik Dinamika, Halaman 5, Tabloid CERDAS edisi No. 32, Vol. IV, September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar