Selasa, 08 November 2011

Prof Dr HM Basri Wello MA: Jaga Standar Kualitas


Izin pembukaan Program Pascasarjana (S2 Administrasi Publik) merupakan prestasi besar bagi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bina Taruna Gorontalo, karena ini adalah satu-satunya PTS di Provinsi Gorontalo yang membuka program S2. - Koordinator Kopertis IX Sulawesi, Prof Dr HM Basri Wello MA -

 
 
--------------
 
 
Prof Dr HM Basri Wello MA:
Jaga Standar Kualitas
Izin pembukaan Program Pascasarjana (S2 Administrasi Publik) merupakan prestasi besar bagi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bina Taruna Gorontalo, karena ini adalah satu-satunya PTS di Provinsi Gorontalo yang membuka program S2.
Oleh karena itu, pengelolaannya diharapkan benar-benar menjaga standar kualitas. Saya yakin, masyarakat sekitar, terutama PNS dan dosen yang ingin meningkatkan kemampuan akademiknya, akan memilih kuliah pada Program Pascasarjana STIA Bina Taruna, kalau kualitasnya dapat dijaga.
Salah satu yang perlu dibenahi yaitu staf pengajar. Kalau bisa harus ada minimal enam dosen berkualifikasi doktor (S3).
Standar kualitas juga terkait dengan standar proses (perkuliahan), karena salah satu yang membedakan kualitas antar-alumni perguruan tinggi yaitu pengalaman belajarnya. Kalau standar proses belajar mengajar atau standar perkuliahannya di bawah standar, maka kualitas lulusannya juga pasti rendah. Kalau bagus standar prosesnya, maka hasilnya juga pasti bagus dan sesuai yang diharapkan.
Indikator kualitas sebuah perguruan tinggi terletak pada imejnya. Kalau imejnya bagus, pasti akan mendapatkan apresiasi yang bagus dari masyarakat. Kalau peminatnya banyak, maka STIA Bina Taruna akan punya kesempatan memilih calon mahasiswa baru yang terbaik.
Satu hal yang perlu dibentuk oleh STIA Bina Taruna, kalau memang belum ada, yaitu Sistem Penjaminan Mutu Internal, yang bertugas menjaga mutu, meningkatkan keberhasilan, serta meminimalkan kekurangan yang ada. (asnawin)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, kritik, dan saran-saran Anda di blog Majalah "Cerdas"]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar