Minggu, 19 April 2009

Kopertis IX Dukung Pendirian Universitas Panca Bhakti

KOPERTIS IX DUKUNG PENDIRIAN UNIVERSITAS PANCA BHAKTI

Sekretaris Pelaksana Kopertis IX Sulawesi, Drs H Ibrahim Saman MM, secara tegas menyatakan mendukung perubahan status STIE Panca Bhakti dan STISIPOL Panca Bhakti menjadi Universitas Panca Bhakti.

“Kopertis (Wilayah IX Sulawesi) sangat mendukung,” tandasnya pada acara wisuda sarjana STISIPOL Panca Bhakti, di Palu, 7 April 2009.

Namun dia segera mengingatkan bahwa salah satu syarat yang harus dipenuhi yaitu mendapatkan akreditasi dari BAN RI.

“Dua tahun terakhir, banyak lulusan perguruan tinggi swasta yang tidak diterima mendaftar di instansi pemerintah, karena PTS-nya tidak terakreditasi. Di Kopertis IX hanya sekitar 40 persen PTS yang terakreditasi,” ungkapnya.

Ibrahim juga mengingatkan bahwa para dosen yang masih berkualifikasi sarjana (S1) kini terancam dikaryawankan. Mereka tidak boleh lagi mengajar dan harus beralih menjadi karyawan atau pegawai biasa, apabila tidak melanjutkan dan menyelesaikan kuliah program magister (S2), pada tahun 2014.

“Ini harus segera direspons oleh para dosen dan perguruan tinggi,” katanya.

Bagi para dosen (dosen negeri dan dosen tetap yayasan) yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjeng lebih tinggi, kata Ibrahim, pemerintah telah mengalokasikan cukup banyak dana dari APBN untuk beasiswa.

“Pemerintah membiayai kuliah para dosen, baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” ungkapnya. (win)

Tabloid CERDAS, Makassar
No. 31, Vol IV, April 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar